Mengenal RSI [Relative Strenght Index]

RSI atau Indeks Kekuatan Relatif (sering disebut sebagai RSI 14) adalah indikator yang dirancang untuk melacak dan membandingkan tindakan harga saat ini dalam instrumen dengan data historis yang dikumpulkan secara bergulir.  RSI disusun dan dikembangkan oleh J Welles Wilder, seorang insinyur Amerika dan investor properti. Wilder menerbitkan gagasannya dalam buku tahun 1978 yang berjudul 'Konsep Baru dalam Sistem Perdagangan' [Analisis Tehnis].

Indikator RSI inilah yang dikenal sebagai momentum oscillator. Artinya, digunakan secara khusus untuk mengukur dan mencatat fluktuasi dalam pergerakan [aksi] rata-rata harga dan. Angka tersebut kemudian dibandingkan dengan pengukuran yang sama yang diambil dari serangkaian periode sebelumnya yang bergulir (biasanya 14 periode).

Indikator ini bekerja  dengan menyoroti puncak dan palung momentum harga, untuk mendeteksi   tingkat akselerasi atau perlambatan dalam perubahan harga yang terjadi. Dengan melacak dan mengukur perubahan [momentum] harga yang selalu dikaitkan dengan konteks historis sebagai pembanding, tujuan alat tehnis analisis ini dirancang sebagai pengingat [alert] kepada para  pedagang dan analis terhadap titik-titik perubahan potensial sebagai indikasi, referensi dalam mengambil keputusan dari akselerasi harga yang terjadi pada satua kerangka waktu perdagangan.